Kesyekhan (Sheikhdom)

Kesyekhan atau Sheikhdom dalam Bahasa Inggris merupakan sebuah kawasan geografi atau kelompok masyarakat yang dipimpin oleh seorang kepala suku yang disebut syekh. Keberadaan kesyekhan berada secara eksklusif di negara-negara Arab, terutama di daerah Semenanjung Arab (Negara-negara Arab di Teluk Persia).

Meskipun beberapa negara diperintah oleh seorang syekh, negara-negara ini biasanya tidak disebut sebagai kesyekhan, tetapi disebut sebagai kerajaan, emirat, dan lain-lain. Seorang syekh biasanya juga memiliki gelar kerajaan lain seperti raja atau emir.

Uni Emirat Arab merupakan salah satu negara yang menerapkan kesyekhan. Uni Emirat Arab (UEA) adalah negara monarki konstitusional federal yang terdiri dari federasi tujuh sistem politik bergaya monarki turun-temurun yang disebut kesyekhan. Setiap negara bagiannya dipimpin oleh seorang syekh, yang juga memiliki gelar emir. Meskipun demikian, negara-negara bagian dari UEA lebih sering disebut sebagai emirat atau keamiran daripada kesyekhan.

  • Wikipedia contributors. (2021a, December 12). Sheikhdom. Wikipedia. Retrieved March 2, 2022, from https://en.wikipedia.org/wiki/Sheikhdom
  • Wikipedia contributors. (2022, March 2). United Arab Emirates. Wikipedia. Retrieved March 2, 2022, from https://en.wikipedia.org/wiki/United_Arab_Emirates#Government_and_politics
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.