Pakaian ‘Bikini’ dan Pengujian Bom Atom di Bikini Atoll

sejarah bikini

Bikini merupakan pakaian renang yang sering kali digunakan wanita, terutama ketika sedang berlibur ke pantai. Bikini sendiri mempunyai sejarah panjang sebelum menjadi populer seperti sekarang ini.

Para arkeolog menemukan mosaik Romawi dari tahun 300 M yang menggambarkan bikini. Mosaik yang ditemukan di Villa Romana del Casale, Sisilia, ini secara langsung membuktikan bahwa sejarah bikini dimulai jauh sebelum bikini modern diperkenalkan pada tahun 1946.

sejarah bikini di mosaik romawi
Mosaik Romawi di Villa Romana del Casale yang menggambarkan wanita berolahraga menggunakan pakaian sejenis bikini. (Kenton Greening, via Wikipedia)

Bikini modern yang kita kenal sekarang ini merupakan hasil rancangan Louis Réard, seorang insinyur mobil sekaligus perancang busana. Dia pertama kali memperkenalkan bikini pada 5 Juli 1946 di kolam renang Piscine Molitor, ketika sedang diadakan konferensi pers.

Bikini hasil rancangan Réard ini berhasil menarik perhatian semua orang, dan mengubah budaya dunia pada saat itu. Sebelumnya, para wanita yang ingin berengang di pantai harus memakai baju renang tertutup yang dianggap tidak praktis.

Meskipun demikian, kehadiran bikini sempat menimbulkan kontra dikalangan masyarakat ramai. Untuk memperagakan pakaian rancangannya misalnya, Réard kesulitan dalam mencari seorang model yang mau mengenakannya.

Model-model pada saat itu tidak mau mengenakan pakaian minim seperti itu. Akibatnya, Réard pun terpaksa menyewa seorang penari erotik bernama Micheline Bernardini dari Casino de Paris untuk memperagakan pakaiannya.

Pada awalnya, Orang Amerika menganggapnya terlalu memalukan untuk diterima di Amerika. Vatikan juga menyatakan pakaian ini ‘berdosa’, dan segera dilarang penggunaannya di Belgia, Italia, Spanyol, dan Austria. Lambat laun, negara-negara tersebut akhirnya mulai menerima ‘budaya’ baru tersebut dan mengizinkan penggunaan bikini.

Asal Kata Bikini

Pada awalnya, Louis Réard belum menamakan pakaian hasil desainnya sebagai bikini. Bermula empat hari sebelumnya, tepatnya pada 1 Juli 1946, Amerika Serikat sedang menguji bom atom miliknyanya di Bikini Atoll.

Ledakan akibat tes pengujian bom di Bikini Atoll. (United States Navy, via Wikimedia)

Dihimpun dari berbagai sumber, disebutkan bahwa penamaan bikini untuk pakaian rancangan Réard akibat dari kegemparan yang ditimbulkan oleh pakaian ini. Kegemparan di masyrakat akan sesuatu hal yang baru ini kemudian disamakan dengan kegemparan akibat uji coba bom Amerika di Bikini Atoll. Oleh karena itulah pakaian ini kemudian disebut sebagai bikini.

Kata Bikini sendiri berasal dari kata Pikinni yang berarti ‘tempat’ kelapa. Kepulauan disekitarnya sebelumnya memang dimanfaatkan untuk memproduksi minyak kopra yang terbuat dari buah kelapa.

  • Wikipedia contributors. (2021b, July 2). Bikini Atoll. Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Bikini_Atoll
  • Wikipedia contributors. (2021c, July 6). Bikini. Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Bikini
  • Blazeski, G. (2017, August 15). The “bikini” swimsuit was named after islands the US used for nuclear testing. The Vintage News. https://www.thevintagenews.com/2016/10/28/the-bikini-swimsuit-was-named-after-islands-the-us-used-for-nuclear-testing/
  • Zotte, J. L. (2015, May 21). How the Summer of Atomic Bomb Testing Turned the Bikini Into a Phenomenon. Smithsonian Magazine. https://www.smithsonianmag.com/smithsonian-institution/how-wake-testing-atomic-bomb-bikini-became-thing-180955346/
  • Ernawati, J., & Permatasari, A. (2019, July 4). Asal Usul Nama Bikini, Baju Renang Seksi yang Pernah Jadi Kontroversi. VIVA. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1162842-asal-usul-nama-bikini-baju-renang-seksi-yang-pernah-jadi-kontroversi
  • Asal Usul Pakaian Renang Dinamai Bikini, Ternyata Terinspirasi dari Kejadian Mengerikan ini! (2019, July 26). Grid.ID. https://www.grid.id/read/041798330/asal-usul-pakaian-renang-dinamai-bikini-ternyata-terinspirasi-dari-kejadian-mengerikan-ini?page=all
Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Post
Peristiwa Jeram Ampai

Perlawanan Rakyat Pahang di Jeram Ampai Terhadap Inggris

Next Post
Piramida Meroë

Meroë dan Piramida Peninggalan Ibu Kota Nubia Kush

Related Posts
Total
1
Share